Koneksi Internet

Membangun jaringan internet saat ini sudah sangat umum di gunakan untuk semua bidang pekerjaan. Agar dapat terkoneksi secara global maka diperlukan koneksi internet yang menghubungkan jaringan internet yang telah kita bangun dengan jaringan internet secara global. Koneksi internet biasanya didapat melalui penyedia layanan internet. Koneksi yang di tawarkan biasanya berbasis volume based, time based dan unlimited.  Dengan beragamnya koneksi yang ditawarkan, kecepatan downloading dan uploading pun biasanya berbeda-beda.

Perangkat Untuk Koneksi Internet.

Modem , Berfungsi untuk mengubah sinyal (data) dari komputer untuk di transmisikan melalui jalur internet dan sebaliknya.

Router

Merupakan Sebuah perangkat yang digunakan bersama jaringan data paket. Router terhubung dengan setidaknya dua jaringan, umumnya dua LAN atau WAN atau LAN dan jaringan ISP. Router biasanya menjadi sebuah gateway, dimana dua atau lebih jaringan terhubung. Router menggunakan header dan tabel forwarding untuk menentukan jalur yang terbaik untuk meneruskan paket-paket, dan mereka menggunakan protokol seperti ICMP untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengkonfigurasi rute yang terbaik antara dua host.

Hub

Merupakan sebuah perangkat terminal koneksi umum dalam jaringan. Hub umumnya digunakan untuk menghubungkan bebarapa komputer dalam satu jaringan. . hub berisi beberapa port. Ketika sebuah paket tiba di satu port, port tersebut dicopy ke port lainnya sehingga semua segmen LAN dapat melihat semua paket.

Membangun koneksi internet.

Dapat dilakukan dengan menggunakan modem tetapi hanya bisa digunakan untuk satu komputer, Untuk di gunakan untuk banyak komputer perlu di bangun menjadi sebuah jaringan komputer(LAN).

Dalam membangun jaringan Local Area Network diperlukan sebuah Router, yang di gunakan untuk membagi hubungan ke internet untuk beberapa komputer.

Addressing/ Pengalamatan (IP Address)

Tiap bangunan rumah dalam kehidupan sehari-hari, Internet juga sangat bergantung pada sistem pengalamatan. Setiap komputer di Internet memiliki satu alamat unik (yang tidak dimiliki oleh komputer lain), alamat ini berupa alamat numerik yang disebut sebagai alamat IP Address (lebih sering disebut IP). Alamat numerik ini dibagi dalam empat bagian yang dipisahkan oleh “dot” (tanda “titik”).

Contoh: 192.105.232.4

  • 192 menunjukkan daerah geografis
  • 105 menunjukkan organisasi atau perusahaan
  • 232 menunjukkan grup computer
  • 4 menunjukkan komputer yang dituju.

Setiap paket yang dikirimkan oleh protokol berisi alamat IP komputer pengirim dan alamat IP komputer penerima. Berdasarkan alamat-alamat IP ini, alat khusus yang disebut router akan mengirimkan paket-paket ini melewati Internet sampai kepada komputer tujuan.

IP Public (IP di Internet)

IP-IP yang beredar di internet merupakan IP Public. IP Public tidak ada yang sama diseluruh dunia. Bila kita berlangganan Internet misalnya dari telkom Speedy, kita akan diberikan sebuah IP public oleh ISP yang dalam hal ini adalah telkom. IP ini melekat pada router ADSL yang kita dapat dari telkom saat mendaftar, bukan pada komputer kita. Dengan IP di router inilah kita menjelajah dunia internet.

IP Private (IP di Jaringan Lokal/LAN)

Di jaringan lokal (LAN), setiap komputer memiliki IP. Alat khusus yang disebut Switch (pada jaringan kabel) atau Access Point (pada jaringan gelombang /wireless) akan mengirimkan paket-paket ini sampai kepada komputer yang dituju. Untuk mendapatkan IP di jaringan lokal kita bisa men-set-nya secara manual. Berikut adalah daftar IP private yang bisa kita berikan untuk komputer di jaringan local :

  • Jaringan besar : 10.0.0.1 hingga 10.255.255.254
  • Jaringan sedang : 172.16.0.1 hingga 172.31.255.254
  • Jaringan kecil : 192.168.0.1 hingga 192.168.255.254

Server DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol )

Kesulitan dalam set manual adalah bila jumlah komputer banyak akan sangat menyita waktu. Akan lebih baik bila kita men-set IP secara otomatis kita bisa menggunakan sebuah komputer yang difungsikan sebagai DHCP server . Server DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol ) akan memberikan IP secara otomatis pada setiap komputer yang terhubung kepadanya, tidak peduli berapapun jumlah komputer yang ada.

Tinggalkan komentar