Rahasia Search Engine

Setiap orang jaman sekarang tentu sudah mengenal internet, sebuah sistem koneksi yang menghubungkan jaringan komputer yang satu dan jaringan komputer yang lain di seluruh dunia. Internet sangat memudahkan kita untuk saling berhubungan di dunia maya, baik melalui akses website, chating, maupun layanan social network lainnya.

Google.com

Search engine atau mesin pencari yang paling popular adalah google. Yang dimaksud mesin pencari adalah sebuah situs tempat Anda menemukan apa pun di internet. Mulai dari pencarian alamat website, gambar, file, atau Anda bisa juga mengetahui situs-situs dan topik-topik yang paling populer yang dikunjungi orang melalui.

Cara kerja dari search engine semacam google ini adalah dengan menyimpan informasi tentang begitu banyak halaman web di internet melalui web crawler yang merupakan browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Data yang berkaitan dengan halaman web tersebut kemudian diinput dalam data base indeks yang akan digunakan lagi pada pencarian selanjutnya. Sistem kerjanya sedikit rumit, tetapi dalam proses pencariannya, hanya dibutuhkan waktu tak kurang dari satu menit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kata kunci pencarian ke dalam boks google, dan sedetik kemudian google akan mengarahkan Anda ke alamat-alamat web yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Selain sebagai search engine yang populer di masyarakat, google juga melakukan inovasi pelayanan dengan menambahkan berbagai jasa yang lain, seperti jasa web email gratis dengan membentuk gmail.com, lalu ada Google news, google Groups untuk jaringan interaktifnya. Kemudian, ada google earth, sebuah layanan pemetaan dari satelit berupa fotografi udara yang mencakup seluruh wilayah di planet bumi. Belum lagi layanan google video disini Anda bisa mencari dan melihat video secara gratis dan juga acara-acara televisi luar negri seperti CBS.

Jadi, dengan http://www.google.com, Anda akan menemukan fasilitas lengkap dan memudahkan Anda melakukan browsing atau penjelajahan ke dunia maya dengan efektif dan efisien.

Keunggulan Google
Sungguh sepatutnya kita sangat bersyukur dengan adanya google sebagai mesin pencari di dunia internet atau dunia maya ini. Bisa dibayangkan bagaimana ketika di dunia internet yang diakses oleh jutaan orang tersebut tidak ada yang menyediakan mesin pencari semisal yang dimiliki oleh google tersebut.
Kita tentunya akan sangat kesulitan untuk mencari artikel atau data yang sangat kita butuhkan. Mengingat banyak sekali tulisan maupun data yang bertebangan di dalam dunia internet tersebut. Bahkan tidak dapat dihitung ada berapa juta atau bahkan triliyun data yang ada di internet. Sedangkan kita hanya membutuhkan salah satunya saja untuk kita baca atau kita gunakan.
Akan memakan waktu yang tentunya tidak termasuk cepat bahkan bisa dikategorikan sangat lambat ketika harus mencari satu file atau data di dalam internet tersebut. Ketika mencari kita sendiri tidak mengetahui tepat dimana file tersebut ada atau diletakkan.
Untunglah hal tersebut tidak terjadi karena sekarang sudah ada yang namanya mesin pencari semacam google ini. Dengan adanya google ini maka semua masalah kita yang membutuhkan waktu yang cepat ketika harus mencari file atau data di internet bisa terselesaikan dalam hanya hitungan detik saja.
Cukup mengetikan beberapa kata kunci yang kita cari di dalam mesin pencari tersebut, maka dengan otomatis google akan memberikan jawaban yang memuaskan. Bahkan terkadang jawaban yang diberikan melebihi dari yang apa kita minta. Itulah kelebihan dari adanya mesin pencari tersebut.
Semua web yang mengandung kata kunci yang telah kita ketikkan di dalam mesin pencari google tersebut akan muncul. Terkadang bisa jadi web yang sedang kita cari tidak berada pada web teratatas dari hasil pencari mesin google tersebut. Memang membutuhkan sedikit ketelitian dan ketekunan untuk dapat mendapatkan hasil yang maksimal dari mesin pencari ini.
Meskipun demikian hasil pencarian dari mesin pencari google ini telah cukup maksimal dan cukup memuaskan. Apa saja yang dibutuhkan oleh kita bisa dengan mudah muncul dan keluar begitu saja di hasil pencarian. Dan hasil pencariannya pun cukup berbobot dan keakuratannya lumayan besar.
Tidak hanya file berupa artikel saja yang bisa dicari dengan menggunakan mesin pencari berupa google ini. Ada beberapa hal lain yang bisa juga dicari dengan menggunakan mesin pencari google ini. Beberapa hal lain tersebut adalah software, lagu, video, musik, dan masih banyak lagi.
Jika disederhanakan maka penggunaan google dalam fungsinya sebagai mesin pencari memiliki manfaat yang memberikan kemudahan bagi penggunanya sebagai berikut.
1. Mencari File Artike
Kemudahan yang diberikan google bagi penggunannya untuk mencari artikel tentang kegiatan atau artikel tentang studi atau dunia pendidikan memang sangat dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan. Di antara mereka yang membutuhkan artikel seputar pendidikan adalah para praktisi pendidikan.
Kemudahan tersebut juga sangat membantu para murid serta guru dalam menyusun atau membuat sebuah laporan. Namun tidak jarang juga ada murid yang tidak mau bersusah payah dengan menggandakan semua tulisan dari artikel yang ada tanpa merubahnya. Tentu saja hal tersebut tidaklah dibenarkan, sebaiknya pengubahan yang dilakukan dengan bahasa sendiri tanpa harus mengubah isinya.
Dengan demikian ada proses berpikir yang dilakukan oleh siswa yang bersangkutan dan tidak hanya sekedar aktivitas copy-paste saja atau istilahnya menyontek. Dengan hanya mengambil artikel orang lain tanpa mengubahnya dengan bahasa sendiri maka aktivitas yang dilakukan tersebut memang tidak ada ubahnya dengan aktivitas menyontek.
Oleh karena itu, tidak heran jika terkadang guru atau dosen akan marah ketika melihat hasil kerja dari siswa atau pun mahasiswanya merupakan hasil copy-paste dari internet.
2. Mencari File Multimedia
Tidak hanya file yang berupa artikel saja yang ada di internet. Ada banyak jenis file lain yang juga tersedia di internet. misalnya saja file berupa gambar, video, dan music. Semua file tersebut merupakan file yang merupakan atau termasuk ke dalam kategori multimedia.
Namun kebanyakan orang hanya bisa mencari file multimedia yang berupa gambar saja. Sedangkan untuk file yang lain seperti music dan video jarang sekali yang bisa mencari di internet. Hal tersebut disebabkan karena memang untuk mencarinya bukanlah perkara yang mudah atau gampang.
Membutuhkan sedikit ketekunan dan waktu yang luang ketika harus mencari file berupa video maupun lagu. Bahkan tidak jarang terkadang seorang terjebak ke dalam web palsu atau bukan web yang dimaksud ketika mencari file yang sedang dicari.
Salah satu cara mudah ketika orang ingin mencari file multimedia berupa video adalah berkunjung ke sebuah situs atau website yang cukup terkenal. Website tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah youtube. Semua file yang ada di youtube bebas untuk digunakan oleh siapapun.
Dan di website tersebut kita bisa mencari file apapun berupa video yang tersedia di sana. Cara mudah yang biasa digunakan oleh orang yang video yang ada di website tersebut bisa disimpan adalah dengan menggunakan akselator. Salah satu program yang biasa digunakan adalah internet download manager.
Di dalam web tersebut masih menggunakan program tambahan untuk mendownloadnya karena tidak adanya fasilitas download dari website youtube tersebut.
3. Mencari Program
Kebanyakan orang tidak tahu bahwa program yang dibutuhkan oleh sebuah komputer termasuk netbook ataupun notebook bisa dicari di dalam sebuah internet. Namun mencari sebuah software atau program tidaklah mudah, agar lebih mudah dalam proses mencari hendaknya menulis nama program lengkap dengan vesinya di mesin pencari agar langsung menuju sumber yang dimaksud.

Cara Mencari Sebuah file secara detail dan akurat

1. Masuk dalam bowser dan ketik search engine yang mau di gunakan.

2. Mulailah Ketikan kata kunci pada bagian telusuri.

resultgoogle

Apabila kita melakukan klik pada bagian search tools (terkota merah)akan secara otomatis akan muncul opsi yang baru (kotak biru), yakni Any Time dan All Result.

searchtools

Karena kita ingin menampilkan hasil pencarian dengan artikel yang lebih segar atau yang terbaru, kita akan memilih opsi Any Time,  dan ubahlah opsi pencariannya menjadi Past Hour, Past 24 Hour, Past Week  atau yang lainnya, dan kita boleh melihat hasil pencarian kita.

searchtoolsresult

dengan menggunakan metode search tools mengoptimalkan dalam melakukan pencarian karena itu akan lebih membantu untuk mendapatkan informasi atau artikel yang lebih segar.

2 thoughts on “Rahasia Search Engine

  1. fajrin

    ASSALAMU’ALAIKUM… SAYA Fajrin Campus
    terimakasih banyak saya ucapkan MBAH SUGENG atas bantuannya yang telah memberikan saya angka jitunya yaitu “4d” kemarin alhamdulillah saya berhasil,berkat bantuan MBAH saya suda bisa melunasi semua Hutang2 saya di BANK bahkan saya juga sudah punya modal usaha sendiri sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi anda ingin seperti saya silahkan HUBUNGI MBAH SUGENG:..085. 397. 785.527.). Atau Klik. http://bocorantogel4d.blogspot.co.id/

    Balas

Tinggalkan komentar